CONTOH PROGRAM PENGEMBANGAN DAN MUATAN /
MATERI PEMBELAJARAN
|
Program
Pengembangan
|
Kompetensi
yang dicapai
|
Materi
Pembelajaran (dapat dikembangkan oleh Satuan PAUD)
|
|
NILAI AGAMA DAN
MORAL
|
1.1 Mempercayai adanya
Tuhan melalui Ciptaan-
Nya
|
Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta,
mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan
mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan
Tuhan
|
|
1.2 Menghargai diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar
sebagai rasa syukur
kepada Tuhan
|
Terbiasa saling menghormati (toleransi) agama,
mengucapkan keagungan Tuhan sesuai dengan
agamanya, merawat kebersihan diri, tidak
menyakiti diri atau teman, menghargai teman
(tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan
orang tua, menjaga dan merawat tanaman,
binatang peliharaan dan ciptaan Tuhan.
|
|
|
2.13 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap jujur
|
Terbiasa berbicara sesuai dengan fakta, tidak
curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak
berbohong, menghargai kepemilikan orang lain,
mengembalikan benda yang bukan haknya,
mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh
dilakukan, terus terang, anak senang melakukan
sesuatu sesuai dengan aturan atau kesepakatan,
dan mengakui kelebihan diri atau temannya.
|
|
|
3.1 Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
4.1. Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari
dengan tuntunan
orang dewasa
|
Doa-doa (doa sebelum dan sesudah belajar,
doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum
dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua),
mengenal hari-hari besar agama, hari-hari besar
agama, cara ibadah sesuai dengan hari besar
agama, tempat ibadah, tokoh keagamaan.
|
|
|
3.2 Mengenal perilaku
baik sebagai cerminan
akhlak mulia
4.2. Menunjukkan
periaku santun sebagai
cerminan akhlak mulia
|
Perilaku baik dan santun disesuaikan dengan
agama dan adat setempat; misalnya tata
cara berbicara secara santun, cara berjalan
melewati orang tua, cara meminta bantuan,
cara menyampaikankan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan, tata cara beribadah sesuai
dengan agamanya misalnya; berdoa, tata cara makan, tata cara memberi salam,
cara berpakaian, menolong teman, orang tua dan guru.
|
|
|
Program
Pengembangan
|
Kompetensi
yang dicapai
|
Materi
Pembelajaran (dapat dikembangkan oleh Satuan PAUD)
|
|
FISIK MOTORIK
|
2.1 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
hidup sehat
|
Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang,
kebiasaan merawat diri misalnya; mencuci tangan, menggosok gigi, mandi,
berpakaian bersih,menjaga kebersihan lingkungan misalnya; kebersihan tempat
belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi.
|
|
3.3 Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan
gerakannya untuk
pengembangan
motorik kasar dan
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk
pengembangan
motorika kasar dan
halus
|
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara
merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap
sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik
kasar dalam kelenturan, kekuatan, kestabilan,
keseimbangan, kelincahan, kelenturan, koordinasi
tubuh. Kegiatan untuk latihan motorik kasar
antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap,
berjinjit, melompat, meloncat, memanjat,
bergelantungan, menendang, berguling dengan
menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang
dan lincah dalam menirukan berbagai gerakan
yang teratur (misalnya: menirukan gerakan
benda, senam, tarian, permainan tradisional,
dll.). Keterampilan motorik halus untuk melatih
koordinasi mata dan tangan, kelenturan
pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jarijari
tangan, melalui kegiatan antara lain; meremas,
menjumput, meronce, menggunting, menjahit,
mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar,
menempel, makan, dll. Permainan motorik kasar
atau halus dengan aturan.
|
|
|
|
3.3 Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan
gerakannya untuk
pengembangan
motorik kasar dan
motorik halus
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk
pengembangan
motorik kasar dan
halus
|
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara
merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap sehat,
berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan,
kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh.
• Kegiatan untuk latihan motorik kasar antara lain
merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit,
melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan,
menendang, berguling dengan menggunakan
gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah
dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur
(misalnya: menirukan gerakan benda, senam,
tarian, permainan tradisional, dll.).
• Keterampilan motorik halus untuk melatih
koordinasi mata dan tangan, kelenturan
pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan
jari-jari tangan, melalui kegiatan antara lain;
meremas, menjumput, meronce, menggunting,
menjahit, mengancingkan baju, menali sepatu,
menggambar, menempel, makan, dll.
• Permainan motorik kasar atau
halus dengan aturan.
|
|
|
3.4 Mengetahui cara
hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
|
Cara merawat kebersihan diri (misal: mencuci
tangan, berlatih toilet, merawat gigi, mulut,
telinga, hidung, olahraga, mandi 2x sehari; memakai
baju bersih), memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan
tubuh agar tetap sehat.
• Cara menghindarkan diri dari bahaya kekerasan (melindungi
anggota tubuh yang terlarang: mulut, dada, alat kelamin, pantat; waspada terhadap
orang asing/tidak dikenal).
• Cara menghindarkan diri dari benda-benda berbahaya
misalnya pisau, listrik, pestisida, kendaraan saat di jalan raya.
• Cara menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan.
• Kebiasaan buruk yang harus dihindari (permen, nonton
tv atau main game lebih dari 1 jam setiap hari, tidur terlalu larut malam,
jajan sembarang).
|
|
Program Pengembangan
|
Kompetensi yang
dicapai
|
Materi
Pembelajaran (dapat dikembangkan oleh Satuan PAUD)
|
|
KOGNITIF
|
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
DIKEMTUA
|
• membiasakan eksploratif,
• cara bertanya,
• cara mendapatkan jawaban
|
|
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
kreatif
|
• memahami tentang kreatif,
• membiasakan kerja secara
kreatif.
|
|
|
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
• cara mengenali masalah,
• cara mengetahui penyebab masalah,
• cara mengatasi masalah,
• menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk
mengatasi masalah.
|
|
|
3.6 Mengenal bendabenda
di sekitarnya
(nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi,
dan ciri-ciri lainnya)
4.6 Menyampaikan
tentang apa dan
bagaimana bendabenda
di sekitar yang
dikenalnya (nama,
warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
• bentuk dua dimensi (persegi, segitiga, bulat, segi
panjang),
• bentuk tiga dimensi (kubus, balok, limas,
tabung), ukuran (panjang-pendek, besar-kecil,
berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),
• tekstur (kasar-halus, keras-lunak),
• suara (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah),
• pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk,
ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran,
ukuran-bentuk, warna-ukuran-bentuk),
• membandingkan benda berdasarkan ukuran
“lebih dari – kurang dari”, “paling/ter),
• mengurutkan benda berdasarkan seriasi (kecil,
sedang besar)ATUAN PAUD)
• Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi (sangat
kecil- lebih kecil- kecil- besar- lebih besarpaling besar).
• Pola ABC-ABC, ABCD-ABCD berdasarkan urutan
warna, bentuk, ukuran, bunyi, warna, fungsi, sumber,
dll.
• Mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah bilangan.
• Hubungan satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke
kelompok Lambang bilangan.
|
|
|
3.7 Mengenal lingkungan
sosial (keluarga,
teman, tempat tinggal,
tempat ibadah,
budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan
dengan
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal,
tempat
ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
• mencocokan Keluarga (hubungan dalam keluarga,
peran, kebiasaan, garis keturunan, dst.),
• teman (nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst.),
• lingkungan geografi s (pedesaan/
pantai/pegunungan/kota),
• kegiatan orang-orang (di pagi/sore hari, dst.),
pekerjaan (petani, buruh, guru, dll.),
• budaya (perayaan terkait adat, pakaian,
tarian,makanan, dst.),
• tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos,
kantor polisi, terminal, dst.),
• berbagai jenis transportasi (transportasi darat, air,
udara, transportasi dahulu, dan sekarang),
• lambang negara.
|
|
|
3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca,
tanah, air, batubatuan, dll.)
4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan
dengan
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah,
air,batu-batuan, dll.) dalam bentuk gambar,bercerita, bernyanyi,
dan gerak tubuh
|
• bermacam bentuk dan warna daun dan
bermacam akar,
• berkembang biak (biji/ stek/ cangkok/ beranak/
membelah diri/daun),
• cara merawat tanaman, dst.,
• gejala alam (angin, hujan, cuaca, siang-malam,
mendung, siklus air, dst.), tanah, batu,
• sebab akibat kejadian, dst.
10
PENGEMBANGANEMB
|
|
|
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah
tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll.)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana untuk
menyelesaikan
tugas dan kegiatannya
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan
pertukangan, dll.)
|
Nama benda, bagian-bagian benda, fungsi, cara
menggunakan secara tepat, dan cara merawat.
Alat dan benda yang dimaksud dapat berupa
peralatan sekolah, perabot rumah tangga,
perkakas kerja, peralatan elektronik, barangbarang
bekas pakai.
|
|
|
Program
Pengembangan
|
Kompetensi
yang dicapai
|
Materi
Pembelajaran (dapat dikembangkan oleh Satuan PAUD)
|
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
2.5 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap percaya diri
|
• Cara memberi salam pada guru atau teman,
• Cara untuk berani tampil di depan teman, guru,
orang tua dan lingkungan sosial lainnya,
• Cara menyampaikan keinginan dengan santun.
|
|
2.6 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap taat terhadap
aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
• Aturan bermain,
• Aturan di satuan PAUD,
• Cara mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal
atau garis waktu,
• Cara mengingatkan teman bila bertindak tidak sesuai
dgn aturan.
|
|
|
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
(mau
menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain
berbicara) untuk melatih
kedisiplinan
|
• Cara menahan diri saat marah,
• Ciri diri dan orang lain,
• Cara antre,
• Cara menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
• berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan.
|
|
|
2.8 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
kemandirian
|
• Pemahaman tentang mandiri,
• Perilaku mandiri,
• Cara merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk
belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan
seperlunya.
|
|
|
|
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu
jika diminta
Bantuannya
|
• Keuntungan mengalah,
• Cara menawarkan bantuan pada teman atau guru,
• Cara menenangkan diri dan temannya dalam berbagai
situasi,
• senang berbagi makanan atau mainan.
|
|
2.10 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap kerja sama
|
• Perilaku anak yang menerima perbedaan teman dengan
dirinya,
• Cara menghargai karya teman,
• Cara menghargai pendapat teman, mau berbagi,
mendengarkan dengan sabar pendapat teman,
• Cara berterima kasih atas bantuan yang diterima,
|
|
|
2.11 Memiliki perilaku
yang dapat
menyesuaikan diri
|
• Kegiatan transisi,
• Cara menghadapi situasi berbeda,
• Cara menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi
alam.
|
|
|
2.12 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap tanggung jawab
|
• Pemahaman tentang tanggung jawab
• Pentingnya bertanggung jawab
• Cara bertanggung jawab (mau mengakui
kesalahan dengan meminta maaf),
• Cara merapikan/ membereskan mainan pada tempat
semula,
• Mengerjakan sesuatu hingga tuntas,
• Mengikuti aturan yang telah ditetapkan
walaupun sekali-kali masih harus diingatkan,
• Senang menjalankan kegiatan yang jadi
tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin
harus membantu menyiapkan alat
makan, dst.).
|
|
|
3.13 Mengenal emosi diri
dan orang lain
4.13 Menunjukkan reaksi
emosi diri secara wajar
|
• Cara menghadapi orang yang tidak dikenal,
• Penyebab sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti
jika ia menganggu temannya akan marah, jika ia membantu temannya akan senang,
mengendalikan emosi secara wajar
|
|
|
3.14 Mengenali
kebutuhan,keinginan,
dan minat diri
4.14 Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan
dan minat diri dengan
cara yang tepat
|
• Cara mengungkapkan apa yang dirasakannya (lapar
ingin makan, kedinginan memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak
kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu obat),
• Teknik mengambil makanan sesuai dengan kebutuhan,
menggunakan alat main sesuai dengan gagasan yang dimilikinya,
• Membuat karya sesuai dengan gagasannya, dst.
• Cara berbicara secara santun, menghargai teman dan
orang yang lebih tua usianya,
• Memahami sikap rendah hati,
• Contoh perilaku rendah hati dan santun.
|
|
|
Program
Pengembangan
|
Kompetensi
yang dicapai
|
Materi
Pembelajaran (dapat dikembangkan oleh Satuan PAUD)
|
|
BAHASA
|
2.14 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap
rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman.
|
• cara berbicara secara santun, menghargai
temann dan orang yang lebih tua usianya
• pemahaman sikap rendah hati
• contoh perilaku rendah hati dan santun.
|
|
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa r septif
(menyimak dan membaca)
|
• cara menjawab dengan tepat ketika ditanya,
• cara merespon dengan tepat saat mendengar
cerita atau buku yang dibacakan guru,
• melakukan sesuai dengan yang diminta dengan
beberapa perintah,
• menceritakan kembali apa yang sudah Didengarnya
|
|
|
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan nonverbal)
|
• Mengungkapkan keinginannya, menceritakan
kembali,
• bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya,
• mengungkapkan perasaan emosinya dengan
melalui bahasa secara tepat.
• Menggunakan buku untuk berbagai kegiatan.
|
|
|
3.12 Mengenal
keaksaraan awal
melalui bermain
4.12 Menunjukkan
kemampuan
keaksaraan awal dalam
berbagai bentuk karya
|
• membaca gambar, membaca simbol,
• menjiplak huruf,
• mengenali huruf awal di namanya, menuliskan
huruf-huruf namanya,
• menuliskan pikirannya walaupun hurufnya masih
terbalik atau tidak lengkap,
• hubungan bunyi dengan huruf,
• mengucapkan kata yang sering diulang-ulang
tulisannya pada buku cerita,
• mengeja huruf,
• membaca sendiri,
• hubungan angka dan bilangan.
|
|
|
Program
Pengembangan
|
Kompetensi yang
dicapai
|
Materi
Pembelajaran (dapat dikembangkan oleh Satuan PAUD)
|
|
SENI
|
2.4 Memiliki perilaku
yang mencerminkan
sikap estetis
|
• cara menjaga kerapian diri, dan
• cara menghargai hasil karya baik dalam bentuk
gambar, lukisan, pahat, gerak, atau bentuk seni
lainnya,
• cara merawat kerapian-kebersihan-dan keutuhan
benda mainan atau milik pribadinya.
|
|
3.15 Mengenal berbagai
karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya
dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
• membuat berbagai hasil karya dan aktivitas seni
gambar dan lukis, seni suara, seni musik, karya
tangan dan lainnya,
• menampilkan hasil karya seni.
|
KOMPETENSI YANG
DICAPAI
Contoh Program Semester I
PAUD………………….
Tahun Pelajaran 2016/2017
Kelompok Usia 5-6 tahun
KOMPETENSI DASAR
|
Kompetensi Dasar
|
Tema
|
Subtema
|
Alokasi Waktu
|
|
1.1, 1.2, 3.1-4.1 (Nam),
2.1, 3.3-4.3, 3.4-4,4 (Motorik)
2.5, 2.6, 2.7, 2.8, 3.13-4.13
(Sosem), 2.2, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.8-4.8 (Kognitif), 2.14,
3,10-4.10, 3.11-4.11, 3.12-
4.12 (Bahasa), 3.15- 4.15 (Seni)
|
Diriku
|
Tubuhku
Indentitas
ku Kesukaanku Keluargaku
Puncak Tema diriku
|
1 minggu
1 minggu
2 minggu
3 minggu
|
|
1.1, 1.2, 3.1-4.1 (Nam),
2.1, 3.3-4.3, 3.4-4.4 (Motorik)
2.9, 2.10, 2.11, 2.12, 3.13-4.13
(Sosem),
2.3, 3.5-4.5, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.9-
4.9 (Kognitif), 2.14, 3,10-4.10,
3.11-4.11 3.12, 4.12 (Bahasa),
3.15- 4.15 (Seni)
|
Binatang
|
Ayam
Ikan
Kupu-kupu
Belalang
Harimau
Puncak tema binatang
|
1 minggu
2 minggu
2 minggu
2 minggu
2 minggu
|
|
Dst....................
|
|
|
|
|
Alokasi Waktu: 17 minggu
|
|
|
|
OLEH SATUAN PAUD)
PROGRAM
PENGEMBANGAN
KOMPETENSI YANG
DICAPAI
RPPM dengan Model Format Kolom
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
Nama lembaga……………………
Semester/Bulan/Minggu : I/Juli/Minggu ke 4
Tema :
Diriku
Subtema :
Tubuhku
Sub-subtema : -
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun)
|
KD
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA KEGIATAN
|
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-4.3
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4.15
|
1. Tubuhku ciptaan Tuhan,
2. Doa sebelum dan sesudah belajar,
3. Kebiasaan mencuci tangan dan
menggosok gigi,
4. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat,
5. Aku senang memberi salam,
6. Aku senang mengikuti aturan,
7. Pengelompokan berdasarkan warna (merah, biru, kuning),
bentuk dua dimensi (persegi,
segi tiga), dan jumlah bilangan (5 - 10),
8. Aku anak ramah,
9. Aku suka mendengar cerita
10. Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
|
1. Membuat bingkai foto diri
warna merah, biru, kuning
2. Membuat boneka foto diri
dari tanah liat
3. Membuat boneka diri dari shuttlecock
bulu tangkis dengan tempelan
kertas merah, biru, kuning
4. Menggunting dan menempel
gambar
anggota tubuh
5. Melukis dengan cat air
6. Menggambar dengan krayon
atau spidol
7. Mencetak bentuk tubuh
dari pasir
8. Membuat kolase bentuk dan
bagian
muka dari daun kering
9. Menghitung anggota tubuh
10. Menggambar jari tangan
dengan krayon
atau spidol
11. Mengukur tinggi badan
dengan tali rafia
12. Menyusun huruf anggota
tubuh berdasarkan contoh dari kartu kata bergambar
13. Main peran pergi ke
dokter gigi
14. Membuat roti berbentuk
muka
15. Membangun rumah dari
balok
16. dst.
|
RPPM dengan Model Webbing
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
PAUD ………………….. (diisi nama lembaga)
Semester/Bulan/Minggu : 1/Juli/4
Tema/Subtema/Sub-subtema : Diriku/Tubuhku/-
Kelompok :
B (5-6 thn)
|
KD :
1.1, 3.1-4.1, 2.1, 3.3-4.3, 2.5, 2.6, 3.6-4.6, 2.14, 3.10-4.10, 3.15- 4.15
MATERI : Tubuhku
ciptaan Tuhan, doa sebelum dan sesudah belajar, kebiasaan mencuci tangan
dan menggosok gigi, nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara
merawat, aku senang memberi salam, aku senang mengikuti aturan,
pengelompokan warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi,
segi tiga), bilangan (5 - 10), aku anak ramah, aku suka mendengar cerita,
lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
|
|
Sentra/area/sudut
kegiatan balok
- Membaca buku bergambar
yang memuat
bermacam-macam bentuk
bangunan
- Membuat bangunan
“rumahku” dari balok
- Menggunakan bangunan
“rumahku” untuk
digunakan main peran
mikro
S
|
|
Sentra seni/area seni/kegiatan sudut
seni/
kelompok kegiatan seni
- Membuat bingkai foto diri warna merah,
biru, kuning
- Membuat boneka foto diri dari tanah liat
- Membuat boneka diri dari shuttlecock bulu
tangkis dengan tempelan kertas merah, biru,
kuning
- Menggunting dan menempel gambar
anggota tubuh
- Foot printing (melukis dengan kaki)
|
|
Sentra persiapan/area persiapan/
kegiatan/kelompok sudut kebudayaan:
- Menghitung anggota tubuh dengan
menggunakan jari alat main yang ada
- Menggambar jari tangan dengan
krayon atau spidol
- Mengukur tinggi badan dengan tali
rafi a
- Menyusun huruf anggota tubuh
berdasarkan contoh dari kartu kata
bergamba
|
|
Sentra/area/sudut bahan alam/
kelompok kebudayaan:
- Melukis dengan cat air
- Menggambar tubuh dengan
krayon atau spidol
- Mencetak bentuk tubuh dari pasir
- Membuat kolase bentuk dan
bagian
muka dari daun kering
|
|
Sentra main peran/area
drama/kegiatan Pergi ke
Puskesmas
- Memberi kesempatan
pada anak untuk dapat
berperan sebagai pasien,
dokter, perawat, bidan,
apoteker, juru daftar/
resepsionis,
dll.
|
|
TUBUHKU
|
|
Sentra/area/sudut/ kegiatan memasak
membuat roti bentuk wajah
-- Mengamati (melihat, memegang,
mencium,
mencicipi) bahan-bahan makanan yang
akan digunakan
- Menghias roti tawar menjadi bentuk
wajah
sendiri dengan menggunakan mentega
dan
meisis
warna merah dan kuning
|
CONTOH Model Sentra Seni
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian
(RPPH) PAUD…………
Semester / Bulan/Minggu ke: 1/Juli/2
Hari / Tanggal: Senin /14 Juli 2015
Kelompok / Usia: B/5 – 6 Tahun
Tema / Subtema: Diriku/Tubuhku
Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan sesudah belajar
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan
cara merawatnya,
3. Pengelompokan berdasarkan warna (merah, biru,
kuning)
4. (Catatan: materi pengelompokan berdasarkan
bentuk dan jumlah bilangan disampaikan pada hari berikutnya)
5. Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
Materi yang masuk dalam pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke
dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam
SOP sebelum dan sesudah makan.
KD Materi
Alat dan Bahan
1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem,
kertas warna-warni untuk kegiatan membuat bingkai foto diri warna merah, biru,
kuning.
2. Kertas Koran untuk alas, tanah liat, celemek
untuk menutup baju anak untuk kegiatan membuat boneka foto diri dari tanah
liat.
3. Shuttlecock (Kok bulu tangkis) bekas, kertas warna warni, lem,
asesoris mata untuk kegiatan membuat boneka diri.
4. Gambar anggota tubuh, lem, kertas/kain fl
anel,gunting, potongan anggota
Pembukaan
1.
Bernyanyi “Aku Ciptaan Tuhan”.
2. Doa sebelum belajar.
3. Mengenalkan aturan bermain.
4. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara
merawat tubuh Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap
Tuhan atas tubuhnya.
5. Berdiskusi tentang pengelompokan warna (merah,
biru, kuning).
Inti
1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang
disediakan.
2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada
di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah
menemukan konsep tersebut.
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan
bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5. Anak melakukan kegiatan sesuai dengan yang
diminati dan gagasannya.
a.
Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
b.
Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
c.
Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
d.
Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel) anggota diri.
6. Anak menceritakan kegiatan main yang
dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di
kegiatan mainnya
Penutup
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai,dll.
3. Menanyakan perasaan selama hari ini
4. Memberikan tugas kepada anak untuk dilakukan di
rumah yakni menanyakan kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir,
siapa yang menolong kelahiran, dst.
5. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
6. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
7. Berdoa setelah belajar.
Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian:
|
PROGRAM PENGEMBANGAN
|
KD
|
INDIKATOR
|
|
Nilai Agama dan
Moral
|
1.1
3.1-4.1
|
- Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai
ciptaan Tuhan
- Anak dapat berdoa sebelum dan sesudah
belajar
|
|
Motorik
|
2.1
3.3 - 4.3
|
- Anak terbiasa mencuci tangan dan
menggosok gigi
- Anak dapat menyebutkan nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
|
Sosem
|
2.5
2.6
|
- Anak terbiasa memberi salam
- Anak terbiasa mengikuti aturan
|
|
Kognitif
|
3.6-4.6
|
- Anak dapat mengelompokkan berdasarkan
warna (merah, biru, kuning)
|
|
Bahasa
|
2.14,
3.10-4.10
|
- Anak terbiasa berlaku ramah
- Anak memahami cerita yang dibacakan
|
|
Seni
|
3.15-4.15
|
- Anak dapat menyanyikan lagu “AkuCiptaan
Tuhan”
|
2. Teknik penilaian yang akan
digunakan:
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal, dan
- Skala capaian perkembangan (rating scale)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar